Berkunjung ke Gua Jepang dan Gua Belanda di Taman Hutan Ir. Juanda (Part1) | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Berkunjung ke Gua Jepang dan Gua Belanda di Taman Hutan Ir. Juanda (Part1) | Rizkooblogsite - Welcome!

Berkunjung ke Gua Jepang dan Gua Belanda di Taman Hutan Ir. Juanda (Part1)

Friday, September 12, 2014

Berkunjung ke Gua Jepang dan Gua Belanda di Taman Hutan Ir. Juanda (Part1)


Halo ketemu lagi dengan saya Rizki, kali ini saya akan membahas liburan saya menuju Gua Jepang dan Gua Belanda yang terletak di Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Bandung, Jawa Barat. Taman Hutan ini merupakan Hutan Lindung, dimana didalamnya terdapat flora dan fauna yang tetap terjaga keasriannya.


Tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, sekitar 15 km ke utara kota Bandung, untuk mencapai lokasi anda bisa melewati jalan Ir. Juanda ke arah dago atas, atau dari Lembang menuju arah Maribaya.
Pintu Masuk Menuju Taman Ir. Juanda.
Disini terdapat objek peninggalan sejarah yaitu Gua Jepang dan Gua Belanda, sebelum menuju kesana anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000/orang, untuk tiket parkir dikenakan Rp. 5000,- untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda 4.
Saat memasuki pintu masuk anda akan berhadapan dengan Peta Lokasi serta sebuah monumen yang berisi ucapan selamat datang menggunakan Bahasa Sunda serta Aksara Sunda.
Peta Lokasi Taman Hutan Ir. Juanda.
Monumen Selamat Datang Taman Hutan I.R. Juanda.
Setelah melewati objek-objek tersebut anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki ditemani nuansa pepohonan di sekeliling, di setiap pepohonan tersebut diberi papan yang berisi nama beserta keterangan dari pohon tersebut. Tidak perlu khawatir untuk tersesat karena disetiap titik anda dapat menjumpai papan penunjuk arah dan tujuan dari objek yang akan anda tuju.
Jalan beserta nuansa pepohonan di sekilingnya.
Papan penunjuk arah beserta tujuan di Taman Hutan Ir. Juanda.
Untuk mencapai Gua Jepang anda dapat menempuh jarak sekitar 800 m dan 1,5 km untuk sampai di Gua Belanda dari awal pintu masuk dengan berjalan kaki.

Tangga Menuju Gua Jepang dan Belanda.
Setelah sampai di gua jepang anda dapat menjumpai jasa penyewaan senter, sebagai penerangan saat anda berada di dalam gua, untuk menyewa jasa senter dikenakan biaya Rp. 5000,-/Senter atau anda pun bisa membawa senter sendiri dari rumah.
Tampak Mulut Gua Jepang.
Saat sampai didalam gua suasana dingin dan lembab terasa, yang terlihat sepanjang gua adalah dinding gua dan dasar gua yang masih berlapis tanah serta bebatuan.
Suasana didalam Gua Jepang.

Akibat dari tangan jahil dengan mencorat coret dinding gua.
Jangan khawatir untuk tersesat karena andapun bisa menyewa pemandu arah yang akan memandu anda menelusuri Gua Jepang. Meskipun ini kawasan hutan lindung dan dijaga tetapi masih ada aja tangan jahil yang berniat merusak lingkungan dengan mencorat coret dinding dari Gua Jepang tersebut.
Setelah anda keluar dari Gua Jepang anda pun dapat meneruskan kembali perjalanan untuk mencapai Gua Belanda.

Bersambung ke Part 2

0 comments :

Post a Comment