Liburan ke Situ Patenggang, Danau Indah di Selatan Kota Bandung | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Liburan ke Situ Patenggang, Danau Indah di Selatan Kota Bandung | Rizkooblogsite - Welcome!

Liburan ke Situ Patenggang, Danau Indah di Selatan Kota Bandung

Wednesday, September 17, 2014

Liburan ke Situ Patenggang, Danau Indah di Selatan Kota Bandung


Halo kawan kawan semua, apa kabar? pastinya baik ya, pada liburan kali ini saya akan membahas liburan saya menuju ke Situ Patenggang, sebuah danau yang berada di Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Danau ini konon mempunyai cerita dimana Ki Santang dan Dewi Rengganis bertemu di sebuah batu, yang kini dinamai Batu Cinta.

Saya berangkat bertiga dengan teman saya menggunakan kendaraan roda 2, dari arah cimahi melewati Jl. Batujajar lanjut Soreang dan sampai ke Ciwidey, jarak yang kami tempuh sekitar 54 Km dari tempat kami berangkat menuju Situ Patengan.

Rute yang kami tempuh dari Cimahi menuju Situ Patengan.
Saat itu masih pagi dan jalan yang kami lewati cukup lengang sehingga menambah kenyamanan selama perjalanan, ditambah pemandangan Bandung Selatan yang penuh dengan pegunungan dan persawahan yang sedap dipandang mata.
Saat memasuki ciwidey kami mulai disuguhkan pemandangan kebun-kebun terutama kebun Strawberry, biasanya kebun ini disewakan untuk anda petik sendiri hasil yang ada di kebun tersebut dan anda santap, namun kali ini saya tidak mampir ke kebun-kebun tersebut.
Setelah memasuki wilayah Ciwidey atas saya mulai memasuki hutan pinus, disini udara sangat menyegarkan untuk dihirup, namun jalan yang dilewati berkelok-kelok sehingga harus tetap fokus saat mengendarai kendaraan. Setelah melewati hutan pinus kami pun disuguhkan pemandangan kebun teh Rancabali dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), kebun ini sudah ada sejak jaman kolonial belanda, dan memang dimaksudkan untuk kepentingan pokok orang belanda pada masa itu. Pemandangan disini sangat indah seperti bukit yang ditutup karpet berwarna hijau.
Setelah melewati kebun teh Rancabali, pada akhirnya kita sampai di jalan masuk menuju Situ Patengan, jalan ini berada di sebelah kanan dari arah bandung.

Rofi, Saya, dan Fikri didepan tanda masuk Situ Patenggang.
Gerbang utama masuk Situ Patenggang.
Untuk harga tiket masuk dihargai Rp. 15.000,-/orang ditambah Rp. 3.500,- untuk parkir kendaraan roda dua, sedangkan untuk parkir mobil dihargai Rp. 11.500,-. Setelah melewati gerbang utama terdapat gerbang kedua dimana tiket yang kita beli di gerbang utama dicek kembali oleh petugas. Sampailah kita di situ patenggang, dimana situ ini sudah bisa dilihat beberapa ratus meter setelah pintu gerbang, pemandangannya sangat indah sekali, saya pun terkagum dengan pemandangan ini, ditambah udara yang sejuk di sekitar sini.

Saat sampai di pinggiran danau, saya pun melihat banyak perahu-perahu yang dimana perahu-perahu tersebut disewakan untuk mengelilingi wilayah situ patenggang khususnya batu cinta, karena untuk mencapai batu cinta anda harus menyebrangi danau terlebih dahulu.
Kamipun bertemu dengan salah satu penjual jasa perahu, setelah berbincang kamipun bernegosiasi dengan harga untuk menyewa sebuah perahu. Untuk menyewa satu perahu dihargai Rp. 40.000,-/orang, karena kami 3 orang jadi harga untuk menyewa sebuah perahu Rp. 120.000,- untuk mencapai harga itupun kami menawar terlebih dahulu.
Akhirnya kamipun naik keatas perahu, tak lupa sayapun menyewa jasa pancingan, yang terdapat di sekitaran area situ patenggang, untuk menyewa satu buah pancingan dihargai Rp. 15.000,-/pancingan.

Menurut masyarakat disini ikan disini sangat banyak, sehingga saya pun penasaran dengan menyewa pancingan dan memancing disini. Ikan-ikan disini menurut masyarakat disini adalah jenis ikan Mas, Nila dan Mujair, dan saya pun mencoba memancing disini dengan pelet ikan sebagai umpannya, sangat susah untuk memancing disini, beberapa kali umpan saya habis. Saya diberitahu oleh masyarakat sini bahwa ikan disini menyukai bakwan, wow saya pun kaget, gaya banget ikan menyukai bakwan, akhirnya saya coba memakai bakwan sebagai ikannya, dan whoala manjur, memang benar joran saya disambar ikan, dan ikan disini sangat kuat tenaganya, tak ayal ikan sering lepas dari joran saya.
Kami pun berlabuh ke pulau batu cinta, sayang sekali kami tidak memotret dengan jelas batu tersebut waktu itu, tapi kami punya sedikit gambar dari batu cinta tersebut.

Setelah mengunjungi batu cinta, kamipun terus menelusuri danau sampai senja tiba. Dan pada akhirnya kamipun bergegas pulang, dengan satu pengalaman yang berkesan. Selamat Liburan!

Info:
Situ Patenggang
Jalan Raya Ciwidey-Rancabali,
Desa Patengan, Kecamatan Rancabali,
Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 - Indonesia.
Koordinat GPS : S7.163690 - E107.357070, Altitude 1605 meter.

4 comments :

  1. Keren gan.. jangan lupa mampir di blog ane http://1001tempatwisatabandung.blogspot.com/2016/09/Situ-Patenggang.html

    ReplyDelete
  2. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek ya di http://ariinfowisata.blogspot.co.id/2017/01/mitos-batu-cinta-yang-menarik-di-situ-patenggang.html?m=1

    ReplyDelete
  3. situ patenggang cocok nih buat liburan akhir tahun ke wisata alam bandung

    ReplyDelete