Menuju Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Putri Layung | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Menuju Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Putri Layung | Rizkooblogsite - Welcome!

Menuju Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Putri Layung

Friday, October 10, 2014

Menuju Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Putri Layung


Halo kali ini saya akan membahas perjalanan saya menuju curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Layung, curug ini berada di parongpong, berada di kaki gunung tangkuban perahu sebagai hulu sungainya.
Pintu gerbang masuk Curug Tilu Leuwi Opat berupa sebuah gapura bertuliskan CIC (Ciwangun Indah Camp) Outbound, lokasinya di sebelah kiri jalan dari arah Curug Cimahi atau di sebelah kanan jalan Sesudah Universitas Advent Indonesia Bandung (UNAI) dari arah Lembang atau Cihanjuang. Setelah menemui gapura ini, anda akan dihadapkan oleh portal yang dijaga warga setempat guna membayar pemeliharaan jalan, untuk motor dikenakan Rp. 2000,- dan mobil Rp. 3000,-. Terus ikuti jalan sampai menemui gapura Curug Tilu Leuwi Opat.
Tiket masuk kedalam area Curug Tilu Leuwi Opat dikenakan Rp. 7000,- (per 09 Oktober 2014). Anda bisa memarkir kendaraan di dekat gerbang dan selanjutnya anda melakukan trekking atau berjalan kaki menuju curug tilu leuwi opat.

Jalur Trekking
Suasana di sekeliling saat trekking merupakan hutan yang masih alami beserta bebatuan kali yang terus dialiri air sungai yang berhulu dari curug tilu dan curug layung ini, adapun pipa-pipa yang dipasang untuk keperluan air oleh warga sekitar.

Setelah menelusuri jalan setapak, bebatuan dan pipa-pipa, andapun sampai di Curug Tilu Leuwi Opat, jarak yang ditempuh dari pintu gerbang Curug Tilu Leuwi Opat menuju curug atau air terjunnya sendiri sekitar 2Km.

Curug Tilu Leuwi Opat
Disini pun "kadang" terdapat warung bila anda ingin membeli segelas kopi ataupun minuman hangat, dan bersantai di saung yang ada di sekitar curug Tilu Leuwi Opat Ini. Kedalaman kolam di Curug Tilu Leuwi Opat ini mencapai 3 Meter, maka tidak heran bila petugas setempat memasang tali sebagai batas aman pengunjung untuk berendam di sekitar kolam curug ini.

Setelah berendam dan puas di Curug Tilu Leuwi Opat, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Putri Layung yang berjarak sekitar 100m dari Curug Tilu Leuwi Opat ini kearah hulunya, untuk mencapai ini saya kebetulan menemui jalan pintas setapak, namun jalan ini tampaknya terlalu ekstrim untuk dilalui, karena berada di tepi tebing dan melintasi semak-semak serta tanah yang agak labil. 

Untuk mencapai jalur aman dari Curug Tilu Leuwi Opat, anda bisa lanjut mengikuti jalan setapak ke arah hulu dan memutar mengitari kebun teh untuk kembali menuju Curug Putri Layung. Atau anda kembali lagi ke gerbang utama Curug Tilu Leuwi Opat dan menuju gerbang utama Curug Putri Layung yang berada di dekat dusun bambu, opsi kedua dan ketiga ini memakan waktu lebih lama dari opsi pertama.

Setelah mencapai Curug Putri Layung, anda akan melihat sebuah Curug atau Air Terjun yang tidak terlalu lebar dan tinggi namun mempunyai kolam yang luas, sehingga anda bisa berendam disini, namun tetap hati-hati dengan kedalaman kolam yang bisa mencapai 2-3meter, sehingga bisa berpotensi untuk tenggelam.
Curug Putri Layung
Suhu air disini dingin, mengingat air ini dekat dengan hulunya, situ lembang dan mata air gunung tangkuban parahu. Ayo berkunjung ke tempat ini.

Info:
Curug Tilu Leuwi Opat
Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, 
Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat,
Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 47' 25.64" S 107° 34' 54.00" E
Curug Putri Layung
Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, 
Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6° 46' 33.36" S 107° 35' 0.41" E

3 comments :

  1. enak banget ya ini tempatnya loh, soalnya waktu kemarin itu gak sampe ke ujungnya hiks
    mampir nih ke ceritanya : jalan jalan di bandung

    ReplyDelete
  2. mantap banget kak, kayaknya gak nyesal Maen kesana
    thanks Gan Infonya

    ReplyDelete