Memilih Jenis Kamera untuk Traveller | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Memilih Jenis Kamera untuk Traveller | Rizkooblogsite - Welcome!

Memilih Jenis Kamera untuk Traveller

Wednesday, December 3, 2014

Memilih Jenis Kamera untuk Traveller



Halo ketemu lagi dengan saya Rizki, kali ini saya membahas tentang memilih jenis kamera untuk traveller. Bagi traveller sebuah kamera adalah hal wajib untuk mendokumentasikan semua hal yang kita lakukan selama berjalan-jalan, baik itu kamera Handphone, Kamera Saku/Pocket, SLR/DSLR, bahkan mirrorless.
Bagi traveller sebuah kamera yang ringan, praktis, tidak terlalu besar, bisa dibawa kemana-mana mungkin adalah sesuatu yang pasti diinginkan. Dan saat ini pun terdapat banyak kamera yang bisa menuntut hal diatas, baik itu kamera HP, Saku/Pocket, atau mirrorless. Mengapa saya tidak menyebutkan SLR/DSLR? ya seperti kita tahu kamera SLR/DSLR membunyai fisik yang besar dan lumayan berat, dikarenakan terdapat cermin/mirror didalamnya, yang membuat fisiknya seperti itu, namun bagaimana dengan gambar yang dihasilkan, mengingat SLR/DSLR adalah kamera yang mahal dan mempunyai lensa yang mumpuni?

Sebelum menjawab itu, marilah kita membahas sedikit tentang keperluan kita tentang alat yang dinamakan kamera ini, untuk membeli sebuah kamera kita memerlukan sebuah budget, baik itu kamera bekas maupun baru, bila tujuan anda adalah mencari gambar yang seutuh-utuhnya bagus dan dramatis dengan berbagai pilihan lensa, SLR/DSLR bisa jadi pilihan utama, namun bagi traveller yang biasanya mendokumentasikan apa yang ada dijalanan atau momen tertentu yang membutuhkan kepraktisan lebih, kamera SLR/DSLR dianggap terlalu mahal dan tidak efektif, bahkan kamera HP pun sekarang sudah cukup untuk mendokumentasikan momen-momen selama liburan dengan berbagai software dengan efek-efek yang bisa mempercantik gambar.

Kamera HP
Bila anda ingin lebih dari sekedar kamera HP, anda bisa membeli kamera pocket. Keuntungan dari kamera pocket adalah kamera pocket rata-rata mempunyai kualitas lensa diatas kamera HP dengan fitur zoom optical, yang dimana kamera HP hanya memiliki zoom digital, yang bilamana dipakai akan membuat hasil gambar kita pecah, dan kamera pocket mempunyai baterai sendiri yang lebih awet dibandingkan kamera HP yang dipakai bersamaan dengan SMS, Telepon, bahkan internet misalnya. Saat ini banyak kamera pocket yang mempunyai harga terjangkau dibawah 1 juta.

Kamera Pocket
Bila ingin diatas rata-rata dan ingin menyamai SLR/DSLR, adapun kamera mirrorless. Kamera mirrorless adalah kamera yang mirip dengan DSLR dengan kemampuan yang sama persis dengan DSLR, dan lensanya pun bisa diganti-ganti layaknya DSLR, bedanya adalah kamera ini tidak mempunyai cermin layaknya DSLR, sehingga fisiknya pun bisa lebih kecil dari DSLR dan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Hasil gambarnya pun tidak jauh berbeda dengan DSLR mengingat saat ini teknologi mirrorless terus dikembangkan oleh produsen kamera, sehingga mungkin kedepannya teknologi DSLR bisa terkalahkan oleh mirrorless. Bagaimana dengan harganya?, ya untuk mirrorless harganya bisa menyamai DSLR namun dengan fisik yang lebih kecil dan kualitas gambar yang tidak jauh berbeda, kamera ini bisa direkomendasikan untuk traveller.

Kamera Mirrorless (kiri) dan DSLR (kanan)
Namun, kembali lagi kepada budget dan selera anda, apakah anda ingin kamera HP, Pocket, Mirrorless, atau SLR/DSLR sebagai alat dokumentasi liburan anda. (Rizki Akbar)

0 comments :

Post a Comment