Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, kilas balik ke masa kolonial | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, kilas balik ke masa kolonial | Rizkooblogsite - Welcome!

Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, kilas balik ke masa kolonial

Wednesday, December 3, 2014

Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, kilas balik ke masa kolonial


Pernahkah kalian merasakan saat-saat dimana rakyat kita dipaksa membuat bangunan, sedangkan kaum bangsawan menikmati hasil dari bangunan rakyat kita. Ya, itu adalah masa kolonial, pada saat ini kita bisa menikmati hasil dari apa yang dibuat oleh pribumi pada saat itu, salah satunya Museum Kereta Api Ambarawa.
Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun 1, Ambarawa, Jawa Tengah, Indonesia. Bangunan ini adalah sebuah stasiun yang sekarang tetap menjadi stasiun namun fungsinya tidak lagi sebagai stasiun penghubung, melainkan sebagai Museum wisata. Koleksi kereta disini banyak, dan sebagian besar adalah kereta uap. Salah satu kereta uap yang berfungsi setelah dilakukan restorasi pada akhir 2012, adalah kereta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Kereta B 5112 ini menjadi kereta wisata bagi wisatawan yang ingin merasakan tur naik kereta dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang.


Saat menaiki kereta api nuansa jaman dulu mulai terasa, bunyi tuut tuut khas yang keluar dari peluit kereta api, terdengar sangat kencang. Kereta pun mulai berjalan berangkat dari stasiun Ambarawa menuju stasiun Tuntang.


Kereta berjalan sekitar 30-40 Km/Jam tidak sekencang kereta modern masa kini yang bisa diatas 80Km/Jam, namun hal ini yang membuat nuansa menyenangkan, ditemani pemandangan sawah yang hijau, genangan air dari rawa pening yang tenang, serta gunung-gunung di sekitar ambarawa, menambah suasana menjadi lebih menyenangkan.
Saat sampai di stasiun tuntang, kereta pun berhenti untuk memutar lokomotif kembali menuju stasiun Ambarawa, kami pun turun dari atas kereta, dan menunggu kereta selesai memutar dan memasang lokomotif kembali menuju Ambarawa.



Kereta pun selesai melakukan pemutaran lokomotif dan bersiap menuju kembali ke stasiun Ambarawa, kamipun diantar menelusuri pemandangan yang kami lewati sebelumnya menuju stasiun Tuntang.
Kamipun sampai kembali di stasiun Ambarawa, dan membawa kesan kembali ke tahun 1900an dimana kereta api uap sedang berjaya di masa itu. Sungguh Hari yang mengesankan.

Info:
Museum Kereta Api Ambarawa
Alamat: Jl. Stasiun Ambarawa 1, Ambarawa, Semarang, Indonesia
Koordinat GPS: S7°15'56.2" E110°24'7.7"

0 comments :

Post a Comment