Komputer : Algoritma | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Komputer : Algoritma | Rizkooblogsite - Welcome!

Komputer : Algoritma

Wednesday, January 30, 2013

Komputer : Algoritma


Algoritma, apa sih algoritma itu, mungkin sebagian orang akan berpikir itu rumus matematika, atau sebagian orang berpikir itu bahasa pemrograman yang dipakai untuk buat program, atau sebagian lagi berpikir ga tau apa itu.

Algoritma sebenernya sudah ada sejak abad 18 bahkan nama latinnya pun berasal dari seseorang yang bernama Al Khawārizmi hidup sekitar abad 9, kembali ke makna bahwa algoritma itu sendiri mempunyai istilah yang merujuk kepada langkah-langkah dari penyelesaian suatu persoalan. Misal, kamu melihat ada teman yang adu mulut atau bahkan berkelahi, kamu mempunyai misi bagaimana caranya agar keduanya itu diam, semua orang mempunyai pemikiran masing-masing untuk membuat mereka diam, secara umum kebanyakan orang-orang mengambil langkah untuk melerai atau menjadi penengah, lalu mendinginkan suasana keduanya atau memberi teguran, nah langkah-langkah ini disebut Algoritma.


Implementasi dari ilustrasi diatas
Objek : 2 orang yang berkelahi
Misi : Membuat mereka diam
Algoritma :
1. Menjadi Penengah
2. Mendinginkan suasana atau memberi teguran
 dan seterusnya tergantung pemikiran kalian masing

Jadi, Algoritma itu sendiri adalah langkah-langkah bagaimana sesuatu itu diselesaikan. bila ada yang beranggapan bahwa Algoritma adalah suatu rumus atau bahasa, itu dinamakan Pseudocode. karena Algoritma timbul dari cara berpikir manusia, lalu diimplementasikan ke dalam bentuk rumus maupun bahasa, baik itu lisan maupun tertulis, dan pengimplementasian ini dinamakan Pseudocode atau orang biasanya menyebut coding.

0 comments :

Post a Comment