Fakta Seputar Air Force One | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Fakta Seputar Air Force One | Rizkooblogsite - Welcome!

Fakta Seputar Air Force One

Thursday, May 2, 2013

Fakta Seputar Air Force One


Apa yang kalian tahu tentang Air Force One ?, ya sebuah pesawat terbang milik kepresidenan Amerika Serikat, yang pernah mendarat di Halim Perdana Kusuma saat Presiden Barack Obama mengunjungi Indonesia. Tapi apa yang kalian ketahui tentang Air Force One itu sendiri ?, simak fakta-fakta berikut tentang Air Force One :

1. Secara teknis Air Force One itu bukanlah pesawat: Itu adalah nama panggilan radio [callsign] untuk setiap pesawat US Air Force yang membawa Presiden Amerika Serikat. Segera setelah presiden Amerika Serikat melangkahkan kakinya ke dalam sebuah pesawat terbang Angkatan Udara, saat itu juga pesawat itu dipanggil/disebut sebagai 'Air Force One' oleh awak dan pengendali lalu lintas udara untuk menghindari 'kebingungan' dengan pesawat lain di daerah tersebut. Jika presiden menggunakan pesawat Angkatan Darat, maka pesawat itu akan disebut 'Army One', dan jika ia naik helikopter maka akan disebut 'Marine One'.

2. Sampai saat ini, sebenarnya ada dua pesawat (bukan satu) yang secara teratur dan khusus terbang membawa presiden ke tempat tujuannya. Kedua pesawat ini berasal dari keluarga Boeing VC-25 yang didesain khusus sebagai pesawat penumpang Angkatan Udara Amerika, bentuk militer dari pesawat Boeing 747-200B, dengan nomor ekor 28000 dan 29000. Setiap pesawat dilengkapi dengan empat mesin General Electric CF6-80C2B1 Jet Engine, membawa 53.611 gallon bahan bakar. 

Special Air Mission 28000
[One of the two modified 747s that commonly flies as "Air Force One"]
 Fakta lain dari 'Air Force One' :

Sebelum era presiden Nixon, pesawat-pesawat yang membawa presiden (Air Force One) tidak didampingi/dikawal oleh pesawat tempur AS, hingga pada Juni 1974 ketika pesawat yang ditumpangi Nixon dijadwalkan berhenti di Syria, dihadang oleh pesawat-pesawat tempur Syria dengan maksud ingin bertindak sebagai pengawal. Pilot dan para kru pesawat yang tidak diberitahu sebelumnya, mengira ini sebagai ancaman kemudian mengambil tindakan pencegahan seperti menukik tajam. Sejak kejadian itu sampai sekarang, Air Force One selalu didampingi oleh pesawat tempur AS sebagai pengawal.

Pada era akhir pemerintahan Presiden Bush tahun 2009, pesawat Air Force One, VC-25A dengan nomor ekor 28000 yang bertugas membawanya ke Texas kemudian berubah menjadi 'Special Air Mission (SAM) 28000' karena ia tidak membawa misi sebagai Presiden Amerika Serikat.

Pesawat kepresidenan VC-25As (SAM 28000 dan SAM 29000) akan segera digantikan karena dinilai sudah kurang efektif dan biaya operasional yang mulai meninggi. Angkatan Udara AS (USAF) sudah mulai mencari penggantinya termasuk pesawat dari keluarga Boeing 747-8 dan 787 yang baru atau EADS Airbus A380. Januari 2009 EADS menarik proposalnya hingga tersisa Boeing sebagai penawar tunggal.

President Franklin D. Roosevelt's C-54 Skymaster aircraft, nicknamed "the Sacred Cow".

"The Independence" digunakan pada masa presiden Truman.



The Columbine III digunakan pada masa presiden Eisenhower, pada tahun 1954-1961.

Boeing 707 (SAM 26000) digunakan pada masa presiden Kennedy sampai Clinton.

Special Air Mission 27000, digunakan pada Era presiden Clinton sampai Bush.

0 comments :

Post a Comment