Mengenal Berbagai Jenis Lensa Kamera | Rizkooblogsite - Welcome! Travel Culinary Tips And Reference

Mengenal Berbagai Jenis Lensa Kamera | Rizkooblogsite - Welcome!

Mengenal Berbagai Jenis Lensa Kamera

Tuesday, February 17, 2015

Mengenal Berbagai Jenis Lensa Kamera


Lensa kamera, ya siapa yang tidak tahu benda ini, benda yang bisa mengatur zoom dan fokus yang biasanya ditempatkan di depan sebuah kamera, namun apakah kalian tahu bahwa lensa tersedia berbagai jenis dan fungsinya, mari kita bahas.

Lensa Zoom Kit
Lensa ini biasanya didapatkan atau dijual satu paket bersama kamera yang anda beli, lensa ini memiliki focal length atau bahasa awamnya titik zoom mulai dari sudut lebar sampai dengan sudut jauh atau disebut tele. Biasanya lensa ini untuk kamera DSLR standar dengan sensor APSC/DX disediakan dengan ukuran 18-55mm, 18-70mm dan 18-105mm. Untuk Kamera dengan sensor Full Frame seperti contoh Canon 5d Mark II biasanya menggunakan 24-85mm, adapun lensa untuk sensor M43 (Micro Four Third) yang diaplikasikan di kebanyakan kamera-kamera mirrorless yaitu 14-42mm.


Contoh lensa zoom kit Olympus M. Zuiko Digital 14-42mm untuk M43.
Lensa Tele
Lensa ini digunakan untuk memotret jarak jauh biasanya digunakan untuk portrait, wildlife, bahkan candid. Focal Length nya pun panjang bisa mencapai ratusan mm. Contoh: 70-200mm, 70-300 untuk Full Frame, 55-200 untuk APSC/DX dan 40-150 untuk M43.

Contoh Lensa Tele Macro 135mm dilengkapi adapter M43.

Lensa Fix/Prime
Lensa ini memiliki focal length tetap atau dengan kata lain lensa ini tidak dapat melakukan zoom, sehingga posisi kita sendiri yang mengatur zoom, namun biasanya lensa seperti ini memiliki aperture yang lebar, ukuran yang kecil sehingga bisa unggul dalam menangkap detail dan cahaya, bila kalian memotret dalam kondisi low light, contohnya malam hari, bila menggunakan lensa ini dalam aperture lebar, anda tidak perlu lagi untuk menggunakan flash, karena sinar yang ditangkap lebih banyak.

Contoh Lensa Fix/Prime: 50mm, 35mm dan 24mm untuk Full Frame dan APSC/DX, 17mm dan 25mm untuk M43.

Contoh Lensa Fix/Prime 50mm dilengkapi Adapter M43.
Lensa Super Zoom
Terkadang pada saat travelling ada saat dimana kalian kesulitan untuk mengganti lensa, dengan alasan tempat yang berdebu, atau saat-saat genting dimana momen yang diabadikan tidak dapat diulang lagi, kalian bisa menggunakan lensa super zoom ini, biasanya orang menyebut lensa ini dengan lensa "Sapu Jagat". Lensa ini dapat melakukan sudut lebar sampai sudut terjauh, sehingga kalian bisa memotret dari berbagai sudut.

Contoh lensa Super Zoom: 28-300mm untuk Full Frame, 18-200mm untuk APSC/DX dan 14-150mm untuk M43.

Lensa Wide Angle
Lensa ini biasanya digunakan untuk memotret landscape, dimana biasanya sudut lebar diprioritaskan saat memotret landscape, namun sudut pandang yang lebar ini akan menimbulkan distorsi, sehingga tidak disarankan memotret portrait/orang memakai lensa ini, kecuali dalam kondisi atau maksud tertentu.

Contoh Lensa Wide Angle: 16-35 untuk Full Frame, 14-24mm untuk APSC/DX dan 9-18 untuk M43.

Lensa Fisheye
Lensa ini bisa menangkap sudut gambar sampai 180 derajat, lebih lebar dari lensa wide angle, lensa ini biasanya digunakan untuk memberi nilai seni, karena saat memakai lensa ini terdapat distorsi yang khas yang timbul dari lensa ini.

Contoh lensa Fisheye: 16mm untuk Full Frame, 10,5mm untuk APSC/DX dan 7,5mm untuk M43.

Lensa Macro
Lensa ini digunakan untuk memotret objek jarak sangat dekat, misalnya serangga atau bunga, dengan lensa ini detail dari objek akan lebih tampil meskipun dengan lensa kit atau fix kalian bisa melakukan foto makro. Ukuran yang lazim dari lensa macro adalah 85mm dan 105mm.

Sebelum bepergian pastikan lensa yang kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Selamat Traveling dan memotret.

(Rizki Akbar)

0 comments :

Post a Comment